Pengertian zakat menurut bahasa dan istilah

PENGERTIAN ZAKAT

zakat menurut bahasa berarti  bersih. Jika diucapkan Az-zakat berarti tanaman itu tumbuh dan bertambah, seperti firman allah dalam surat Asy-Syams ayat 9 yang artinya :”Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa”

Maksudnya, mensucikn dari akhlak yang buruk.

Sedangkan pengertian zakat menurut istilahsyari’at islam zakat merupakan pemberian wajib dari harta tertentu kepada orang tertetu juga menurut syarat-syarat dan diberikan kepada golongan-golongan tertentu dari manusia.

FUNGSI DAN HUKUM ZAKAT

fungsi zakat ini ialah untuk manambah harta yang asli karena telah dikeluarkannya zakat dan berkat didoakan oleh si penerima. dan zakat juga berfungsi untuk membersihkan dan mensucikan harta kita.

hukum mengeluarkan zakat adalah rukun islam yang ke lima, yaitu fardhu’ain atas orang-orang yang telah mencukupi dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Zakat mulai diwajibkan pada tahun kedua hijriyah.

terdapat banyak perintah mengeluarkan zakat yang ada pada ayat AL-Quran, berikut beberapa ayat tentang perintah mengeluarkan zakat yaitu :

Al-Baqarah (2) :43 :83 :110 :177 :277
An-Nisa’ (4) :77 :162Al-Ma’idah (5) :12 :55
At-Taubah (9) :5 :11 :18 :71
Al-‘Anbya’ (21) :73Al-
Haj (22) :41 :78
An-Nur (24) :37 :56

No comments:

Post a Comment

Pengertian Politik

PENGERTIAN POLITIK Kata politik berasal dari bahasa Yunani yaitu  polis  yang berarti kota yang berstatus negara  (city state) ....