Ringkasan Penghianatan G30S/PKI

Ringkasan penghianatan G30S/PKI

Pristiwa (G30S/PKI) adalah suatu pemberontakan komunis yang terjadi di bulan september 1965. Dalam kudeta ini setidaknya 7 Perwira tinggi militer yang terbunuh. Hingga saat ini pristiwa (G30S/PKI) tetap menjadi perdebatan antara benar atau tidaknya partai komunis Indonesia yang bertanggung jawab dalam pristiwa tersebut.

Masyarakat curiga karena adanya isu yang menyatakan bahwa PKI adalah dalang dibalik terjadinya pristiwa 30 september, yang mana pada saat itu parlemen sedang dibubarkan dan soekarno sendiri justru menetapkan bahwa konstitusi harus berada dibawah dekrit presiden.

Kronologi pristiwa (G30S/PKI) bermula pada tanggal 1 oktober. Dimulai dengan kasus penculikan 7 jenderal dari anggota staff tentara oleh sekelompok pasukan yang bergerak dari lapangan udara menuju Jakarta daerah selatan. Tiga dari tujuh jenderal tersebut dibunuh dirumah mereka masing masing yakni antara lain :
1. Ahmad yan
2. M.T Haryono
3. D.I Panjaitan

Sementara itu, ketiga target lainnya yaitu Soerapto, S.Parman, dan sutoyo ditangkap secara hidup hidup. Abdul harris nasution yang menjadi target utama  berhasil kabur setelah melompati dinding batas kedubes Irak.
Meskipun begitu, Pierre tendean dan anaknya Ade irma.s nasution ditangkap dan tewas pada 6 oktober oleh regu sergap. Korban lainnya adalah seorang polisi penjaga rumah tangga nasution dan juga Abert naiborhu. Jenderal yang masih hidup lalu dibunuh dan dibuang di lubang buaya.
Pukul 07:00 pagi. Radio Republik Indonesia (RRI) menyiarkan sebuah pesan dari komandan cakrawibawa Untung syamsuri bahwa (G30S/PKI) telah berhasil diambil alih dibeberapa lokasi strategis Jakarta beserta anggota militer lainnya. Mereka bersikeras bahwa gerakan tersebut didukung CIA yang bertujuan melengserkan Soekarno dari posisinya.

Para pelaku pembunuh jenderal melewatkan (tidak membunuh) soeharto yang dikira bukan tokoh politik begitu soeharto mendengar kabar pembunuhan para jenderal beliau segera ke markas kostrad dan menghubungi anggota Angkatan Laut (AL) dan posisi soeharto berhasil membuat 2 batalyon pasukan kudeta menyerah (G30S/PKI) dapat dihentikan pada jam 19:00 (atau jam 7 malam) setelah pasukan pimpinan soeharto berhasil mengambil alih seluruh pasilitas (G30S/PKI).

Pukul 21:00 (atau jam 9 malam) soeharto dan nasution mengumumkan bahwa sekarang ia telah mengambil alih tentara yang pernah dikuasai oleh PKI dan akan terus berusaha menghancurkan pasukan kontra revolusioner demi melindungi posisi soekarno adapun ke-7 jasad jenderal yang terbunuh adalah antara lain sebagai berikut :
1. Jenderal. Ahmad yani
2. Mayjend. Donald isaac panjaitan
3. Brigjend. Katamso darmokusumo
4. Letjend. Mas tirtodarmo haryono
5. Letjend. Soerapto
6. Kapten. Pierre tendean
7. K.S Tubun
Ke-7 jasad jenderal itu ditemukan di lubang buaya pada tanggal 3 Oktober dan kemudian dikuburkan secara layak pada tanggal 5 Oktober.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Politik

PENGERTIAN POLITIK Kata politik berasal dari bahasa Yunani yaitu  polis  yang berarti kota yang berstatus negara  (city state) ....